Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Rem Cakram

clip_image002[7]
Gaya gesek didapatkan dari gesekan antara cakram ( piringan ) dengan pad ( balok rem ) :
Piringan cakram berputar clip_image001bersama – sama roda
Kaliper dan pad clip_image001terpasang pada aksel

1. Macam – Macam Cakram ( Piringan )

clip_image002[9]
1.1. Cakram penuh
  • Digunakan untuk mobil : Ukuran sedang dan Kecepatan menengah
  • Pendinginan cukup
  • Harga Murah
clip_image002[11]
1.2. Cakram dengan rusuk pendingin
  • Digunakan untuk mobil : Ukuran berat & Kecepatan tinggi
  • Pendinginan lebih baik
  • Harganya Mahal

2. Macam – Macam Kaliper

2.1. Kaliper tetap
clip_image002[13]
              • Kaliper terpasang mati pada aksel
              • Masing – masing sisi kaliper terdapat torak
              • Pad dipasang pada kaliper dengan dua buah pin

Cara kerja
  • Ketika pedal rem diinjak, tekanan cairan rem mendorong torak ke balok rem dan mencepit cakram.
  • Ketika pedal rem dilepas, dua torak dikembalikan pada posisi semula oleh sil secara otomatis
  • Dalam penggunaan memakai konstruksi sederhana dan murah tidak sering digunakan lagi
2.2. Kaliper Luncur Satu Torak
rem1
Cara kerja :
  • Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak dan dasar silinder
  • Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 sampai kanvas menempel pada permukaan gesek cakram
  • Untuk selanjutnya tekanan hidraulis disamping menekan torak juga menekan dasar silinder clip_image001[4] unit silinder bergerak ke kanan mendorong balok rem 2 dengan arah berlawanan dengan balok rem 2
  • Balok rem 1 didorong ke kiri oleh torak dan balok rem rem 2 didorong kekanan oleh unit silinder, ke arah permukaan gesek cakram
  • Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram cakramclip_image001[4] terjadi pengereman
2.2. KaliperLluncur Dua Torak
rem1
Cara kerja :
  • Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak 1 dan torak 2
  • Torak I bergerak ke kiri mendorong balok rem kearah permukaan gesek cakram
  • Torak II bergerak ke kanan mendorong unit rangka luncur clip_image001[4]balok rem 2 terdesak ke arah permukaan gesek cakram pada sisi yang lainnya
  • Balok rem 1 di dorong ke kiri oleh torak 1 dan balok rem 2 di dorong ke kanan oleh unit rangka luncur kearah permukaan gesek cakram
  • Gerakan ke dua balok dengan arah yang berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram clip_image001[4] terjadi pengereman
2.3. Komponen Rem Cakram Jenis Kaliper Luncur ( Contoh : TOYOTA )rem1 Keterangan :
  • Konstruksi paling modern dan mudah memperbaikinya
  • Mudah sekali untuk mengganti kanvas rem
3. Kaliper berayun
Pengertian : Kaliper berputar pada pusat putar secara berayun bila terjadi tekanan cairan rem
rem1
Konstruksi :
  • Unit kaliper terpasang menjadi satu dengan rangka.
  • Unit kaliper terpasang pada pusat putar
  • Letak kedua balok rem tidak segaris dengan sumbu torak
Cara kerja :
  • Tekanan cairan rem menekan torak dan unit silinder
  • Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 ke arah permukaan gesek cakram
  • Selanjutnya tekanan cairan rem juga mendesak dasar silinder clip_image001[4] unit kaliper bergerak mengayun mendorong balok rem 2 kekanan, ke arah permukaan gesek cakram
  • Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan kedua permukaan gesek cakram clip_image001[4] cakram terjepit clip_image001[4]terjadi pengereman
Penyetelan Rem Cakram
rem1
  • Tekanan cairan rem mendorong torak keluar silinder
  • Bibir sil yang bergerak dengan torak tertarik mengikuti gerakan torak hingga penumpang sil bengkok (kebengkokan penampang sil terbatas )
  • Jika celah kanvas terhadap cakram cukup besar clip_image001[4] gerakan torak melebihi kemampuan bengkok penampang sil clip_image001[4] torak slip tehadap sil
Saat Pelepasan ( Pedal Rem Dilepas )
rem1
  • Tekanan cairan rem hilang
  • Sil menarik torak kembali pada posisi tidak mengerem
  • Jalannya piston : 0,15 – 0,25 mm
Keterangan :
Penyetelan otomatis hanya berfungsi dengan baik apabila :
  • Kelonjongan cakram tidak lebih 0,1 mm
  • Gerakan torak dalam silinder tidak terganggu
  • Pada kaliper luncur gerakan luncur harus berfungsi baik
Pad ( Balok Rem )
  • Balok rem tanpa penunjuk keausan
clip_image002[21]
  • Pad dengan penunjuk keausan secara elektrik
clip_image002[23]
6. Perbandingan Antara Rem Cakram Dan Rem Tromol
Rem Tromol                                                     Rem Cakram
clip_image002[25]
Sifat Rem TromolRem Cakram
Gaya kerja+ Memberikan kekuatan sendiriTidak memberi kekuatan sendiri
Pendinginan- KurangBaik
Temperatur kerja* RendahTinggi
Keausan kanvas+ SedikitBanyak
Cara menyetel- Manual / setengah otomatisOtomatis
Waktu yang diperlukan servis- LamaCepat
Tempat yang perlu dan berat* LebihKurang
  • Pada rem cakram diperlukan gaya hidraulis lebih tinggi untuk mendapatkan tekanan rem yang sama besarnya, rem cakram menjadi lebih panas ( + 6000 C )
  • Karena pendinginan rem cakram baik, maka tidak ada fading
  • Fading sering terjadi pada rem tromol kalau panas
Þ Faktor  rem1    dari kanvas rem menjadi kecil
Þ Gaya rem kecil



sumber: http://xlusi.com
Labels: Rem Cakram

Thanks for reading Rem Cakram. Please share...!

0 Comment for "Rem Cakram"

Back To Top