Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Jenis - Jenis karburator motor

Jenis - Jenis karburator motor

KEIHIN PWK



Penyuplai campuran bahan bakar ini, punya bentuk skep semi flat dengan lapisan krom. Diandalkan untuk respon sempurna dan flow lebih besar pada rpm tinggi. Part pengabut ini juga mudah dalam penyetelan. Baik itu yang berventuri 24 mm dan 28 mm.PWK Dilengkapi Quad Vens. Tujuannnya diaplikasi part ini buat kurangi tenaga drop.
Selain itu, juga dilengkapi dengan air strikers yang berfungsi mengarahkan udara langsung menuju nosel utama. Jadi, udara langsung menuju nosel utama demi membangkitkan sinyal dan respon gas. Tak sedikit tim balap yang pakai part ini. Salah satunya, Suzuki Cargloss AHRS Racing Team yang andalkan PWK 24 buat di tunggangan kelas 110 cc. “Kombinasi main-jet 58 dan pilot-jet 110, dirasakan tenaga engine untuk putaran bawah dan tengah mudah didapat. Sesuai karaktermesin,” menurut Cepi Suyanto, kepala mekanik dari tim yang bermarkas di Depok, Jawa Barat ini.


Mikuni TM




Mikuni TM biasa dijuluki karburator kotak. Pengabut bahan bakar dan udara ini memang konsisten dengan skep berbentuk kotaknya. Tipe TM 24, dipakai buat bebek balap 110 cc. “Enak dan mudah disetting. Cocok untuk akselarasi dan top speed,” menurut Jimmy S. Winata sebagai Team Director Wahana Dunia MotorRacing Team.Seni bermain Mikuni adalah mempunyai stok nosel dan jarum skep yang bermacam-macam.

Diantaranya, nosel berkode P-0, P-2, P-4, P-5, P-6 dan P-8. Total seluruhnya ada 26 nosel atau needle jets yang bisa ditukar pasang di venturi Mikuni TM 24. Akan tetapi yang harus diperhatikan yaitu ukuran nosel, karena harus dicocokan ukuran jarum skepnya. Semakin tinggi angka nosel, semprotan bensin akan semakin kaya,” timpal Suhartanto selaku mekanik. Karena jika mekanik pasang jarum yang kurus, pembakaran tambah basah. Lari motor seolah tertahan, artinya tunner harus mencari kombinasi nosel atau jarum yang paling tepat.


Keihin PE - series 
"Karburator PE28"

"Karburator PE-TDR"

"Karburator PE28 HONDA"

Karburator ini disebut karburator " Sejuta Umat" karena harganya lebih terjangkau daripada karburator lainnya serta settinggnya lebih mudah. Sebut saja dan PE28, atau biasa disebut karburator NSR-SP karena biasa terdapat pada Honda NSR-SP yang terkenal keganasannya di dunia balap Asia Tenggara. Ciri -ciri karburato ini ialah skepnya bulat, Stasioner berwarna kuning (NSR-SP) dan hitam (SUDCO), bisanya part karburator ini mudah ditemui dibandingkan karburator lainnya seperti PilotJet dan MainJet. Karburator ini memiliki kelebihan powernya yang rata dari bawah hingga atas, namun karburator ini ada kelemahannya yaitu banyak tiruan dari kw1 sampai kw abal - abal pun ada bahkan susah membedakan satu sama lain. Kalau mau membeli karburator ini lebih baik yang sudah berlabel pabrikan tuning karburator seperti Sudco, TDR, Kawahara agar tidak mendapatkan yang kw karena biasanya karburator pabrikan yang tuning telah meng-upgrade karburator asli dan ditambah part racing. Saya sarankan untuk mengambil racikan SUDCO tetapi harganya Rp 1.XXX.XXX, tetapi ada alternaltif lain yaitu PE-28 TDR harganya antara Rp 7XX.XXX sampai Rp 8XX.XXX tergantung bagaimana isi kantong anda.

0 Comment for "Jenis - Jenis karburator motor"

Back To Top