Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Sistem Penggerak Depan dan Belakang

Bagian-Bagian Utama Sistem Pemindah Tenaga
image
  1. Kopling   —>   Menghubung dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi
  2. Transmisi —>  Mengatur perbandingan putaran motor dengan poros penggerak aksel sehingga menghasilkan momen puntir yang diinginkan
  3. Poros Penggerak (propeler Shaft)   —>    Meneruskan putaran/tenaga dari transmisi ke penggerak aksel dengan sudut yang bervariasi
  4. Penggerak Aksel (Gardan)   —>    Penggerak sudut, untuk memindahkan arah putaran poros penggerak kearah poros aksel. Differensial, untuk menyeimbangkan putaran kedua roda pada saat belok
  5. Poros Aksel  —> Meneruskan putaran dari penggerak aksel ke roda

Sistem Penggerak Roda

A. Penggerak Roda Belakang
  • Motor Di Depan
Contoh pemakaian : Pada banyak kendaraan ( Konstruksi Standard )
image
Keuntungan :  Kenyamanan pada jalan aspal baik
Kerugian  : Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang

  • Motor belakang
Contoh pemakaian : VW kodok (lama) , bis Mb dan lain-lain
image
Keuntungan : Pada jalan lumpur traksi baik
Kerugian  : Kenyamanan kurang pada jalan aspal, jika tidak cukup beban pada aksel depan

B. Penggerak Roda Depan
  • Motor Memanjang
Contoh pemakaian : Konstruksi lama Misalnya : Renault
image
Keuntungan : Keamanan tinggi, jika roda penggerak slip mobil masih stabil, traksi baik jika tidak terdapat banyak beban pada aksel belakang
Kerugian : Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang

  • Motor Melintang
Contoh pemakaian : pada kebanyakan kendaraan
image
Keuntungan : Menghemat tempat, Penggerak sudut tidak diperlukan, Poros propeler tidak diperlukan lagi
Kerugian : Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang

C. Penggerak empat roda
Contoh pemakaian : Kendaraan lapangan, Militer dan lain-lain
Mis : Toyota Land Cruiser, Daihatsu Taft dan lain-lain
image

Keuntungan : Traksi sangat baik
Kerugian : Harga lebih mahal dan berat

Pada sistem penggerak empat roda dapat dibedakan :
a. Penggerak empat roda selektif
· Dapat menggunakan aksel belakang pada jalan baik
· Aksel depan dapat dihubungkan pada jalan jelek
b. Penggerak empat roda permanen
· Memerlukan penyeimbang antara kedua poros penggerak ( Mis : Diferensial, Kopling Visco )
· Lebih mahal

sumber: http://xlusi.com
Labels: Sistem Penggerak Depan dan Belakang

Thanks for reading Sistem Penggerak Depan dan Belakang. Please share...!

0 Comment for "Sistem Penggerak Depan dan Belakang"

Back To Top