Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Sistem Kontrol Rem

Sistem kontrol berfungsi untuk mengetahui kebocoran pada sirkit rem hidraulis
Macam – macam sistem kontrol
  • Sistem torak dengan satu saklar

clip_image002· Keadaan normal Bila kedua sirkit rem bekerja baik, tombol saklar bebas diantara torak kontrol dan lampu kontrol mati
· Sirkit satu bocor
Þ Tekanan cairan rem menekan
Þ torak kontrol ke kanan
Þ Tombol saklar di dorong torak
Þ kontrol ke bawah
Þ Lampu kontrol menyala
1. Torak kontrol
2. Tombol saklar
3. Saklar
4. Lampu

· Sirkit dua bocor
Þ Tekanan cairan rem menekan
Þ torak kontrol ke kiri
Þ Tombol saklar didorong torak
Þ kontrol ke bawah
Lampu kontrol mati
ss
  • Sistem Listrik Dengan Dua Saklar
clip_image002[11]· Bila sistem rem hidraulis belum bekerja lampu mati
· Bila kedua sistem rem berfungsi lampu mati
Bila sistem rem berfungsi hanya satu lampu menyala
Saklar dan nama bagian – bagiannya
clip_image002[13]1. Lengan kontak
2. Terminal negatif
3. Diagragma
4. Isolasi
Cara Kerja
Sistem rem belum bekerja
clip_image002[15]· Lengan kontak menghubungkan terminal 82 dengan terminal negatif
· Lampu pengontrol mati
· Terminal 81 berhubungan dengan arus positif
· Terminal 82 berhubungan dengan terminal lampu
clip_image002[17]· Tekanan hidraulis ada pada kedua saklar rem
· Kedua saklar dihubungkan dengan positif
· Lampu tidak menyala karena tidak dihubungkan dengan massa

Sistem Rem I Hidraulis Bocor
ss
Sistem rem II hidraulis bocor
ss

Silinder Master Port Less

ss
Bagian – bagiannya
ss

Cara Kerja :
Saat belum bekerja
ss

· Pegas torak mendorong torak sampai pada posisi pembatas
· Batang katup menatrik katup ke arah menjauhi saluran clip_image001saluran pengisian terbuka
· Ruang kerja sislinder master berhubungan langsung dengan tabung persediaan cairan rem

Saat pedal rem diinjak
ss
· Torak terdorong ke kiri oleh batang dorong pedal ke arah mendekati dasar sislinder
· Pegas katup pengisian mendorong katup ke arah saluran clip_image001[4]saluran pengisian tertutup tidak ada hubungan antara ruang kerja dengan tabung persediaan cairan rem
· Torak terus bergerak clip_image002[19]cairan rem mengalir ke silinder roda dan selanjutnya tekanan terbangun sesuai besarnya gaya injak kaki

Saat setelah pengereman
ss
· Pedal rem dilepas injakan clip_image002[21]gaya dorong torak hilang clip_image001[6]pegas torak mendorong torak kearah posisi semula
· Jika telah sampai pada posisi pembatas katup clip_image003pengisian tertarik clip_image004saluran pengisian terbuka clip_image002[22]cairan rem dari tabung silinder masuk ke ruang kerja

Katup pengisian menutup : saat langkah tekan
Tekanan semakin besar clip_image001[12] katup pengisian menutup semakn rapat
Katup pengisian membuka : saat setelah torak kembali pada posisi pembatas
Jika terjadi endapan pada dasar tabung persediaan clip_image001[12]kerja katup  clip_image001[12]terganggu clip_image001[12]silinder master tidak berfungsi


sumber: http://xlusi.com
Labels: Sistem Kontrol Rem

Thanks for reading Sistem Kontrol Rem. Please share...!

0 Comment for "Sistem Kontrol Rem"

Back To Top